-->

PERTEMUAN KETIGA : MARI MENGHAFAL al-QUR'AN SURAT at-TIIN


Menghafal Surah at-Tiin
Kita semua tahu tentang hadiah bagi mereka yang menghafal seluruh al- Qur'an di akhirat dan di surga, yaitu derajat mereka akan naik dan perbuatan baik mereka akan dilipatgandakan, mereka akan merasa terhormat dengan diminta untuk membaca al-Qur'an, dan orang tua mereka akan dimahkotai. Sesungguhnya Allah Maha Dermawan.

Bagi mereka yang berusaha menghafalkan Al-Qur'an, kesabaran adalah kuncinya. Dibutuhkan kesabaran untuk melakukan apa yang  akan membuatmu berkenan kepada Allah SWT, alih-alih menghabiskan waktu sesuai dengan keinginan. Kesabaranlah yang membuat penghafal Al-Qur’an duduk hingga larut malam atau bangun di hadapan orang lain, sehingga meninggalkan tempat tidurnya, dan memberikan arti penting bagi dirinya.

Ada beberapa cara untuk menghafal al-Qur’an diantaranya ialah :
1. Talqin atau Tasmi’
Talqin berarti seorang Ustadz membacakan al-Quran untuk kemudian diikuti oleh para muridnya. Sedangkan tasmi’ berarti seorang murid membaca al-Quran untuk didengarkan oleh ustadz.
2. Tikrar

Tikrar berarti mengulang-ulangi bacaaan hingga hafal, caranya :
a. Baca ayat pertama hingga 10-20 kali hingga hafal
b. Lalu baca ayat kedua sebanyak 10-20 kali hingga hafal
c. Baca ayat pertama + kedua sebanyak 10-20 kali hingga hafal
d. Lalu baca ayat ketiga sebanyak 10-20 kali hingga hafal
e. Kembali baca ayat pertama + kedua + ketiga sebanyak 10-20 kali hingga hafal
f. Dan seterusnya

3. Muraja’ah
Muraja’ah sangat penting karena muraja’ah inilah yang akan melekatkan hafalan secara lebih kuat ke dalam benak kita. Setelah hafal ulangi kembali bacaan tersebut, inilah yang dimaksud dengan muraja’ah.

Cara mudah menghafal secara mandiri, mulailah dari ayat pertama. Bacalah berulang-ulang sampai hafal. Lanjutkan ayat kedua dengan cara yang sama sampai hafal. Kemudian ayat ketiga dengan cara yang sama sampai hafal. Untuk memantapkan hafalan tiga ayat tersebut, ulangilah seraya meminta kepada ayah atau ibu untuk menyimak hafalanmu ayat satu, dua, dan tiga sekaligus sampai mahir.


Setelah tiga ayat di atas hafal dan lancar, maka hafalan dilanjutkan ke ayat keempat sampai lancar. Setelah itu dilanjutkan ayat kelima, dibaca secara berulang-ulang sampai hafal dan lancar. Untuk memantapkan hafalan ayat pertama sampai dengan ayat kelima, ulangilah hafalan tersebut mulai dari ayat pertama sampai dengan ayat kelima dengan meminta bantuan kepada ayah/ibu, atau teman untuk menyimaknya.


Setelah kelima ayat sebelumnya hafal dengan mahir dan lancar, maka hafalan boleh dilanjutkan ke ayat keenam saja karena ayatnya panjang.  Caranya seperti menghafal ayat pertama, yaitu diulang-ulang sampai hafalan mahir dan lancar.
 

Untuk memantapkan hafalan ke enam ayat sebelumnya, maka bersabarlah mengulangi kembali hafalan ayat pertama sampai dengan ayat keenam. Setelah itu baru boleh melanjutkan hafalan ayat ketujuh dan kedelapan.


Terakhir, semua hafalan dari ayat pertama sampai dengan ayat kedelapan surah at-Tiin harus bagus dan mantap baik hafalan maupun panjang pendek bacaan, dan pelafalan setiap huruf. Dengan demikian, sudah  siap  untuk diuji  di depan bapak atau ibu guru maupun teman-teman.

Mulai dari sekarang marilah kita membiasakan diri untuk menghafal al-Qur’an dalam kehidupan kita sehari-hari. Menghafal al-Quran termasuk  ibadah sebagai tujuan hidup dalam islam jika dilakukan ikhlas karena Allah dan bukan untuk mengharapkan pujian di dunia sebagaimana fungsi al-quran dalam kehidupan dan keajaiban al-quran di dunia. Bahkan salah satu ciri orang yang berilmu menurut standar al-Quran, adalah mereka yang memiliki hafalan al- Quran sebagai cara dan bentuk manfaat membaca al-quran setiap hari. Oleh karena itu hafalkanlah Surat at-Tiin sampai kalian benar-benar hafal. Untuk membantu kalian menghafal Surat at-Tiin silahkan kalian membuka al-Qur’an atau membuka Link Youtube :https://youtu.be/rWUhcy7662U

TUGAS!

Setelah kalian menghafal Surat at-Tiin secara berulang-ulang, baik melalui al-Quran maupun Link Youtube yang sudah diberikan oleh guru, kemudian kirimkan rekaman hafalan atau video kegiatan kalian menghafal surat attin ke dalam Wa grub yang sudah di sediakan gurumu.

0 Response to "PERTEMUAN KETIGA : MARI MENGHAFAL al-QUR'AN SURAT at-TIIN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel