-->

NASEHAT UNTUK SUAMI ISTERI

Bertakwa kepada Allah سبحانه و تعالي dalam keadaan bersama maupun sendiri, di rumahnya maupun di luar rumah. 



Wajib menegakkan ketaatan kepada Allah سبحانه و تعالي dan menjaga batas-batas Allah سبحانه و تعالي di dalam keluarga. 

Melaksanakan kewajiban terhadap Allah سبحانه و تعالي dan minta tolong kepada Allah سبحانه و تعالي. Laki-laki wajib mengerjakan shalat lima waktu di masjid secara berjama’ah. Dan perintahkan anak-anak untuk shalat pada waktunya. 

Menegakan shalat-shalat sunnah, terutama shalat malam. 

Perbanyak berdzikir kepada Allah سبحانه و تعالي. Bacalah Al Qur’an setiap hari, terutama surat Al Baqarah. 

Bacalah pula do’a dan dzikir yang telah diajarkan oleh Rasululah صلي الله عليه وسلم. Ingatlah, bahwa syetan tidak senang kepada keutuhan rumah tangga dan syetan selalu berusaha mencerai-beraikan suamiisteri. Dan ajarkan anak-anak untuk membaca Al Qur’an dan dzikir. 


Bersabar atas musibah yang menimpa dan bersyukur kepada Allah سبحانه و تعالي atas segala nikmat-Nya. 

Terus-menerus berintropeksi antara suami-isteri. Saling menasihati, tolong menolong dan mema’afkan serta mendo’akan. Jangan egois dan gengsi. 

Berbakti kepada kedua orang tua. 

Mendidik anak-anak agar menjadi anak-anak yang shalih, ajarkan tentang aqidah, ibadah dan akhlak yang benar dan mulia. 

Jagalah anak-anak dari media yang merusak aqidah dan akhlak. 

NASEHAT KHUSUS UNTUK SUAMI

Wahai para Suami!!

Apa yang memberatkanmu –wahai hamba Allah– untuk tersenyum di hadapan isterimu ketika engkau masuk menemuinya, agar engkau memperoleh ganjaran dari Allah سبحانه و تعالي ?!! 

Apa yang membebanimu untuk bermuka cerah ketika engkau melihat isteri dan anak-anakmu?!! Engkau akan dapat pahala?!! 

Apa sulitnya apabila engkau masuk ke rumah sambil mengucapkan salam secara sempurna: “Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh” agar engkau memperoleh tiga puluh kebaikan?!!

Apa yang kira-kira akan menimpamu jika engkau berkata kepada isterimu dengan perkataan yang baik, sehingga dia meridhaimu, sekalipun dalam perkataanmu tersebut agak sedikit dipaksakan?!! 

Apakah menyusahkanmu wahai hamba Allah jika engkau berdo’a: ”Ya Allah!! Perbaikilah isteriku, dan curahkan keberkahan padanya.” 

Tahukah engkau bahwa ucapan yang lembut merupakan shadaqah?!! 


NASEHAT KHUSUS UNTUK ISTERI

Wahai para Isteri !!

Apakah menyulitkanmu, jika engkau menemui suamimu ketika dia masuk ke rumahmu dengan wajah yang cerah sambil tersenyum manis?!! 

Berhiaslah untuk suamimu dan raihlah pahala di sisi Allah سبحانه و تعالي, sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan, gunakanlah wangi-wangian! Bercelaklah! Berpakaianlah dengan busana terindah yang kau miliki untuk menyambut kedatangan suamimu. Ingat, janganlah sekali-kali engkau bermuka muram dan cemberut di hadapannya. 

Jadilah engkau seorang isteri yang memiliki sifat lapang dada, tenang dan selalu ingat kepada Allah سبحانه و تعالي dalam segala keadaan. 

Didiklah anak-anakmu dengan baik, penuhilah rumahmu dengan tasbih, takbir, tahmid dan tahlil serta perbanyaklah membaca Al Qur’an, khususnya surat Al Baqarah, karena surat tersebut dapat mengusir syetan, 


Bangunkanlah suamimu untuk mengerjakan shalat malam, anjurkanlah dia untuk berpuasa sunnah dan ingatkanlah dia kembali tentang keutamaan berinfak, serta janganlah melarangnya untuk bersilaturahim. 

Perbanyaklah istighfar untuk dirimu, suamimu, orang tuamu, dan semua kaum muslimin, dan berdo’alah selalu agar diberikan keturunan yang shalih dan memperoleh kebaikan dunia dan akhirat, dan ketahuilah bahwasannya Rabb-mu Maha Mendengar do’a. 

Sebagaimana firman Allah سبحانه و تعالي

وَقَالَ رَبُّكُمْ ادعُوْنِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

"Dan Rabb kalian berfirman: ”Berdo’alah kepadaKu, niscaya Aku akan mengabulkan untuk kalian”. (QS. Al Mu’min:60)



0 Response to "NASEHAT UNTUK SUAMI ISTERI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel