-->

MAKNA Q.S AL- KAFIRUN

A. Ayo kita membaca Q.S Al-Kafirun dengan terjemahnya!

Bacalah Q.S Al-Kafirun di bawah ini, amati oleh kalian terjemahnya dengan teliti! Cermati oleh kalian kata-kata yang sering muncul dalam terjemah tersebut lalu catatlah!


Untuk lebih detail cara pengucapanya bisa di lihat di link Youtube ini : Vidio Surat Al Kafirun.

Silahkan kalian praktek membaca Q.S AL-Kafirun, kemudian kirimkan di sini vidionya : klik saya anak anak.

B. Ayo kita mengenal Q.S Al-Kafirun secara umum!

Surat Al-Kafirun adalah surat ke-109. Jumlah ayat surat Al- Kafirun 6 (enam) ayat. Surat Al-Kafirun mengisyaratkan tentang pupusnya harapan orang-orang kafir Qurays mekah zaman itu tehadap dakwah Nabi Muhammad saw. Nabi Muhammad saw tidak mau mengikuti tata cara beribadah orang-orang kafir Quraisy. Mereka dipersilakan beribadah menurut ajaran agamanya sendiri. 

Surat Al-Kafirun tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di Kota Mekah sesudah surat Al-Maun. Dinamai ”Al-Kafirun” (orang-orang kafir) diambil dari perkataan ”Al-Kafirun” yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

C. Ayo kita mempelajari makna tiap ayat dari Q.S Al-Kafirun!

Cara belajar:
1. Bacalah makna Q.S Al-Kafirun secara berulang-ulang
2. Pahami oleh kalian, apabila ada yang tidak mengerti maknanya mintalah penjelasan kepada orang tua mu
3. Cobalah tuliskan makna Q.S Al-Kafirun tanpa melihat modul pembelajaran, gunakan kata-kata sendiri dalam menuliskannya!


⇒Jawaban Allah SWT melalui Rasululloh yang ditujukan pada orang-orang kafir
⇒Orang kafir adalah orang yang tidak menerima ajakan Nabi Muhammad untuk memeluk agama Islam


⇒Kita tidak boleh menyembah atau beribadah berdasarkan tata cara ibadah agama lain.
⇒Umat Islam hanya menyembah Tuhan Yang Esa yaitu Alloh SWT, sesuai dengan ajaran yang terdapat dalam Q.S Al-Ikhlas ayat 1


⇒Begitu juga orang kafir, mereka tidak bias melakukan peribadatan sesuai dengan apa yang dilakukan umat Islam


⇒Kita tidak boleh mencampur adukan ajaran agama, Sebagai umat Islam, kita harus menjalankan ibadah sesuai dengan tuntunan Islam yang dicontohkan oleh Rasululloh SAW


⇒Kita harus menghormati ajaran agama yang dianut oleh mereka yang berbeda agama.
⇒Di dalam ajaran Islam sesuai dengan makna yang terkandung dalam Q.S Al-Kafirun ayat 6, kita tidak boleh memaksa orang yang menganut agama lain untuk masuk ke dalam agama Islam, apalagi memaksa orang yang menganut agama lain untuk beribadah sesuai dengan ajaran Islam.

D. Yuk kita simpulkan makna Q.S Al-Kafirun!

Setelah kita membaca Q.S Al-Kafirun, kemudian memahami maknanya per ayat kita mendapat gambaran bahwa dalam Q.S Al-Kafirun terdapat beberapa pelajaran
1. Orang-orang kafir pada masa Rasululloh untuk saling menyembah sesembahan masing- masing agar Rasululloh berhenti berdakwah. Ajakan tersebut langsung ditolak oleh Allah dengan menurunkan Q.S Al-Kafirun
2. Kita dilarang mencampuradukan agama dengan cara melakukan peribadatan sesuai dengan tata cara agama lain
3. Kita harus benar-benar mengesakan Allah dan dilarang berbuat kemusyrikan (menyembah selain Allah)
4. Kita harus toleransi dan menghargai ajaran agama lain

E. Indahnya toleransi antar umat beragama

Ketika penaklukan Palestina oleh Khalifah Umar bin Khattab, para penduduk yang beragama Kristen was-was menanti Sang Khalifah. Mereka takut rumah ibadahnya dihancurkan dan dilarang untuk memeluk agama mereka. 

Kehawatiran mereka tidak terjadi, karena ketika Khalifah Umar bin Khattab sampai di Palestina, Beliau melarang para tentara Islam untuk menghancurkan bangunan tempat peribadatan mereka. 

Mereka dipersilahkan untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang mereka anut. Begitulah keluhuran Agama Islam yang penuh dengan toleransi.

Ayo Berlatih
Ayo berlatih 1
Budi bersekolah di SD tak jauh dari rumahnya. Tahun ini, Budi terpilih menjadi ketua kelas 6. 
Teman-teman satu kelasnya beragam suku dan agamanya. Guru agama Islam menganjurkan murid kelas 6 yang beragama Islam untuk Salat zuhur berjamaah sebelum pulang sekolah. 
Sebagai ketua kelas yang beragama Islam, bagaimana seharusnya sikap Budi? Silakan minta pendapat Ayah, Ibu, Kakak, Paman, atau saudara lainnya yang ada di rumah! 


Tuliskan jawabanmu di link ini : Klik saya anak anak.

0 Response to "MAKNA Q.S AL- KAFIRUN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel