-->

PERTEMUAN PERTAMA : YUK KITA BELAJAR QS AL-FALAQ




Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah aku sekarang sudah kelas 4, kata kakakku aku harus lebih rajin belajar di kelas 4. Terus kata kakakku di kelas 4 lebih seru lho belajarnya, terus nanti ada pelajaran hafalan surah pendek yaitu surah al-Falaq. Nanti kamu akan tahu keutamaan surah a-Falaq. Duh aku jadi penasaran seperti apa sih keutamaan surah al-Falaq itu? Kalau begitu aku mau cari tahu ah tentang surah al-Falaq.

Nama Al-Falaq diambil dari kata Al-Falaq yang terdapat pada ayat pertama surah ini yang artinya waktu subuh.

Surah ini tergolong surah Makkiyah. Inti dari surah ini adalah perintah agar umat manusia senantiasa memohon perlindungan kepada Allah SWT. menghadapi segala keburukan yang tersembunyi. Surah al-Falaq terdiri atas lima ayat. Bersama surah an-Nas, ia disebut al- Mu’awwidzatain. 

Disebut demikian karena keduanya mengandung ta’awudz (perlindungan). Keduanya termasuk surah yang utama dalam Al-Qur’an. Keutamaan surah al-Falaq selalu disebut bersamaan dengan surah an-Nas.

Secara umum Surah al-Falaq berisi tentang perintah Allah Swt kepada manusia untuk senantiasa meminta perlindungan hanya kepada-Nya. Dunia ini dihuni oleh makhluk yang bermacam-macam. 

Quran surat al-Falaq ini menceritakan: ada kejahatan makhluk, ada kejahatan malam apabila gelap gulita, ada kejahatan tukang sihir (mantera-mantera), dan ada kejahatan orang dengki. Apabila kita membaca Q.S al-Falaq, insya Allah kita akan terpelihara dari berbagai kejahatan.
  
Oleh karena itu kita selaku manusia (makhluk) yang lemah sudah sepantasnya agar selalu memohon perlindungan kepada Allah Swt yang berkuasa atas segala sesuatu.





Gambar 1.1.

Bu Guru sedang memimpin do’a memohon perlindungan agar terhidar dari segala keburukan.

Ayo kalian lakukan di rumah agar selalu berdo’a dan memohon perlindungan kepada Allah Swt. Agar terhindar dari segala keburukan, kemudian kirimkan foto kegiatanmu melalui LINK yang telah dibuat gurumu !

Untuk doa nya bisa dilakukan dengan bahasa indonesia terlebih dahulu yang intinya memohon perlindungan kepada Allah Swt link nya dibawah ya. 



0 Response to "PERTEMUAN PERTAMA : YUK KITA BELAJAR QS AL-FALAQ"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel