-->

PERTEMUAN PERTAMA : MARI BELAJAR MEMBACA al-QUR'AN SURAT at-TIIN


Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al- Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).


MARI BELAJAR al-QUR'AN SURAT at-TIIN

A. Membaca Surah at-Tiin 

Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Dengan Al-Quran, hidup kita akan terarah dan berada di jalan yang benar. Selain mengarahkan hidup kita ke jalan yang benar, Al-Quran juga memiliki banyak keutamaan jika kita membacanya. Membaca Al-Quran termasuk ibadah yang paling utama yang memiliki berbagai keutamaan.

Kemukjizatan Al-Quran terletak pada janji Allah SWT yang akan menjamin dengan dirinya sendiri memelihara dan menjaga-Nya. Sebagaimana firman-Nya, "Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Quran dan sesungguhnya Kami pula yang memiliharanya." (QS. Al-Hijr [15]:9).

Siapa saja membaca Al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia.

Membaca Al-Quran dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan yang tidak pernah di bayangkan oleh manusia sebelumnya bahkan juga terjadi pada hari kiamat dengan kemuliaan yang sangat besar. Selain itu membaca Al-Quran dapat menenangkan pikiran dan batin serta cara agar hati tenang dan dapat pula menjadikan rasa cinta terhadap Allah SWT. Terhadap semua nabi dan rasul serta para malaikat menjadi lebih kuat. Sesuai dengan firman Allah taala yang dinyatakan jelas dalam surat Ar-rad pada ayat ke-28.

Tata cara membaca Al-Quran dimulai dengan isti’adzah dan basmalah. Kemudian cermati dengan baik Al-Quran Surah at-Tiin berikut ini. Bagi yang sudah lancar membaca, langsung saja membaca dengan tartil. Tartil artinya membaca sesuai dengan kata, tanda dan barisnya. Dibaca dengan tenang, tidak tergesa-gesa.

Bagi yang belum pandai membaca, perhatikan dengan baik cara  guru atau teman yang sudah lancar membaca atau melafalkan Surah at-Tiin.

Ikuti langkah-langkah cara belajar membaca Al-Quran yang mudah berikut ini:

1. Perhatikan tanda baca fathah , kasrah , dammah , sukūn dan tasydid pada huruf Al-Quran.
2. Bacalah dari sebelah kanan, dengan suara yang jelas, bukan hanya dalam hati.
3. Huruf yang tidak ber-harakat atau bertanda baris tidak dibaca.
4. Contoh bunyi wa langsung dihubungkan ke huruf ta ber-tasydid dibaca watti, ada dua huruf yang dilewati yaitu huruf alif dan lam.
5. Perhatikan perubahan syakal dan huruf-hurufnya.
6. Cermati bapak atau ibu gurumu ketika membaca dan melafalkan ayat Al-Quran.
7. Bacalah berulang-ulang sampai lancar !
8. Bacalah surah at-Tiin berikut ini dengan tartil !



Mulai dari sekarang marilah kita membiasakan diri untuk membaca al- Qur’an dalam kehidupan kita sehari-hari. Seorang muslim yang bisa membaca al-Quran apalagi beserta tajwidnya tidak akan pernah merasa dirugikan. Itu artinya banyak sekali keuntungan yang akan ia dapatkan. Untuk memudahkan membaca dan mempelajari Surat at-Tiin ini silahkan kalian membuka Link Youtube https://youtu.be/rWUhcy7662U 

TUGAS!
Setelah kalian memperhatikan bacaan Surat at-Tiin secara berulang- ulang, baik melalui al-Quran, audio visual maupun Link Youtube yang sudah diberikan oleh guru, kemudian kirimkan video kegiatan kalian yang sedang membaca al-Qur’an Surat at-Tiin melalui Link yang sudah dibuat oleh guru.

Ini Linknya : TEKAN TULISAN BERWARNA.




0 Response to "PERTEMUAN PERTAMA : MARI BELAJAR MEMBACA al-QUR'AN SURAT at-TIIN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel