-->

SUNGAI-SUNGAI DI SURGA

Di dalam surga terdapat sungai yang airnya jernih, sungai susu, sungai arak, sungai madu, sungai rahmat, sungai kautsar, sungai kafur, sungai tasnim, sungai salsabil, sungai rahiqul makhtum dan lain-lain.



Semua aliran sungai tersebut tidak menakutkan (mengerikan), tetapi malah menyenangkan hati orang yang memandang.

Diriwayatkan dari Nabi Muhammad Saw, beliau bersabda: "Pada malam aku di jalankan (isra') ke langit, telah diperlihatkan kepadaku seluruh surga, maka aku melihat 4 buah sungai, yang pertama sungai dari air yang tidak berubah warnanya, kedua sungai dari susu yang tidak pernah berubah rasanya, dan ketiga sungai dari arak (khamer) yang terakhir sungai dari madu yang sangat bening. 

Baca Juga: Bidadari Surga

Sebagaimana firman Allah SWT:

"Yang di dalamnya terdapat sungai-sungai dari yang tidak berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamer yang lezat rasanya bagi orang yang meminumnya dan sungai-sungai dari madu yang bersih dan jernih." (QS. Muhammad: 15)

Allah SWT memberi minum kepada ahli-ahli surga itu dengan air surga pada hari sabtu, memberi minum dengan madu surga pada hari ahad, memberi minum dengan susu surga pada hari senin, dan memberi minum dengan arak pada hari selasa. 

Di saat mereka minum, mabuklah mereka lalu terbanglah ahli surga itu selama seribu tahun sehingga mereka berhenti pada suatu gunung yang besar yang terbuat dari kasturi yang harum semerbak baunya dan sungai Salsabil mengalir di bawahnya, maka minumlah mereka pada sungai itu tepat hari rabu.

Kemudian terbanglah mereka selama seribu tahun sehingga berhenti pada suatu istana yang indah di dalamnyaterdapat ranjang-ranjang yang tinggi, dan beberapa gelas yang sudah di sediakan sebagaimana yang sudah diterangkan dalam Al-Qur'an.


Maka duduklah setiap orang dari mereka diatas ranjang, lalu datanglah pada mereka meminum Zanzabil, kemudian mereka meminumnya tepat pada hari kamis.

Setelah itu mereka dihujani dengan awan yang putih selama seribu tahun, sehingga mereka sampai ketempat duduknya orang yang benar, pada hari itu tepat pada hari jum'at, mereka duduk di atas hidangan yang kekal abadi dan turunlah pada mereka minuman Rahiqum Makhtum, yang ditutupi dengan misik.

kemudian mereka membuka tutup tersebut dan mereka meminumnya. Nabi Muhammad Saw bersabda: "Mereka itulah orang-orang yang melakukan kebaikan dan menjauhi perbuatan maksiat."

0 Response to "SUNGAI-SUNGAI DI SURGA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel